Sabtu, 23 Februari 2013

Pengaruh Budaya Barat pada Remaja Islam di Indonesia



            Seiring berkembangnya zaman, di mana orang-orang berusaha mengikuti perkembangan tersebut agar mereka tidak ketinggalan zaman alias katrok. Banyak sekali perkembangan yang terjadi pada saat ini yaitu perkembangan tehnologi, perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan budaya, perkembangan model busana, dan sebagainya. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari peranan utama orang-orang barat. Merekalah yang membuat perkembangan di dunia ini begitu cepat. Mereka banyak menciptakan tehnologi yang canggih sehingga kita dapat terbantu dalam beraktivitas dan mereka menciptakan inovasi-inovasi agar kita dapat berubah menjadi lebih maju dan modern.
 

           Perkembangan  tersebut  membuat perubahan-perubahan yang terjadi pada para remaja Islam di Indonesia. Sebagian dari mereka terkena sihir dari dunia barat untuk mejadi lebih modern. Mereka mulai lupa tentang syari’at-syari’at Islam di dalam al-Qur’an dan sunnah nabi. Tetapi sebagian dari mereka juga masih berpegang teguh dengan al-Qur’an dan sunnah nabi.
            Perkembangan tehnologi membuat para remaja islam lebih modern. Tetapi mereka harus memanfaatkan tehnologi-tehnologi canggih tersebut dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang benar. Handphone dan laptop adalah salah satu yang diinginkan para remaja. Dengan keduanya mereka sangat terbantu dan terlihat lebih modern. Handphone digunakan untuk menelepon, mengirim pesan, internet, memotret, mendengarkan musik, dan lain-lain. Itu sudah merupakan handphone kelas tinggi. Tetapi sekarang harga handphone tidak seperti dulu. Dengan Rp 500.000,- kita sudah mendapatkan handphone yang bagus dan sudah touch sreen dan berkamera. Sedangkan untuk laptop, para remaja sangat membutuhkannya untuk mengerjakan tugas sekolah dan juga untuk refreshing dengan cara bermain game atau menonton film di laptop. Laptop berfungsi sama seperti komputer tetapi bentuknya yang lebih praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Untuk mendapatkannya sekarang cukup mudah yaitu dapat dengan kredit sehingga remaja sudah dapat menggunakan laptop.
            Konten-konten apapun dapat masuk ke dalam handphone dan laptop. Film, musik, dan game biasanya yang paling banyak terdapat di dalam handphone dan laptop sebagian para remaja. Musik sangat disenangi sebagian besar para remaja islam di Indonesia. Mulai dari yang bergenre RnB, pop, jazz, dangdut, dan sebagainya. Di dalam agama Islam, musik itu termasuk hal yang dilarang karena memberikan banyak madlarat. Salah satunya yaitu dapat menimbulkan syahwat, perasaan malas, dan lalai dari agama Islam. Apalagi di Indonesia terdapat banyak lagu-lagu yang bernuansa cinta-cinta serta sedikit juga ada yang lirik-liriknya tidak baik. Tetapi ada seorang da’i yang senang mendengarkan nyanyian yaitu Aa Gym. Aa Gym hanya suka mendengarkan nyanyian yang bernuansa islami.
Menurut Dr Yusuf Qardhawi, berikut adalah ketentuan dan syarat-syarat diperbolehkannya suatu nyanyian :
1.      Semua nyanyian itu mu’bah,selama temanya sesuai dengan adab dan ajaran Islam.
2.      Tidak menonjolkan unsur seksualitas dan nafsu syahwat.
3.      Nyanyian tersebut tidak disertai dengan yang haram, seperti minuman keras, menampakkan aurat, atau pergaulan antar lelaki dan perempuan tanpa batas.
4.      Nyanyian tidak mengarah ke hal-hal yang sentimental.
Perkembangan yang lainnya seperti perkembangan model busana juga berpengaruh pada para remaja Islam di Indonesia. Perkembangan model busana yang dilahirkan oleh budaya barat adalah celana pendek bagi wanita yang hanya sampai di atas lutut. Hal itu banyak terjadi di Ibukota Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ada juga model celana yang ketat dan banyak digunakan oleh sebagian besar remaja putra-putri Indonesia. Kedua macam celana tersebut dapat menimbulkan fitnah dan menampakkan bentuk tubuh mereka. Islam jelas melarang busana tersebut karena madlaratnya yang banyak sekali.
Sebagai para remaja Islam yang baik dan benar,kita harus meninggalkan pengaruh buruk dari perkembangan tersebut. Kita tetap saja dapat mengikuti perkembangan tetapi kita harus berpegang teguh pada al-Qur’an dan sunnah nabi.  



0 komentar:

Posting Komentar

Hak Cipta 2011 Dilindungi oleh Fauzi. Diberdayakan oleh Blogger.